Rabu, 08 September 2010

Bakteri "super" NDM-1

bakteri







Akhir-akhir ini berhembus kabar "mengerikan" dari Jepang menyangkut dunia kesehatan, seseorang laki-laki paruh baya berusia 50 tahun dengan nama yang tidak disebutkan karena alasan privasi telah terjangkit bakteri "super" yang kebal terhadap segala jenis antibiotik . Pria ini masuk rumah sakit di Tochigi, utara Tokyo dengan gejala demam tinggi dan keluar dari rumah sakit tersebut bulan oktober tahun lalu, menurut mentri kesehatan Jepang bakteri yang ditemukan dalam tubuh laki-laki tersebut bernama NDM-1. Rumah Sakit Universitas Dokkyo Medis telah menyimpan sampel dari lelaki itu yang duga telah mengandung bakteri "super" tersebut, Rumah Sakit mengadakan pemeriksaan terhadap sampel yang mereka ambil setelah jurnal medis Inggris, Lancet, melaporkan mengenai penemuan bakteri NDM-1 ini pada bulan Agustus.

Para ahli mengatakan bahwa gen bakteri yang biasanya tersebar di India ini berubah menjadi bakteri dan tahan terhadap semua jenis antibiotik. Sayangnya tidak disebutkan secara pasti melalui apa bakteri ini menyebar, para ahli hanya berani beramsumsi bakteri ini menyebar karena banyaknya wisata medis ke India & Pakistan yang melakukan oprasi kecantikan.

Ngeri juga ya.... semoga ini menjadi pembelajaran bagi kita, karena saat berwisata yang kita dapatkan bukan hanya nikmatnya suasana outdoor namun juga hal-hal yang tidak kita inginkan seperti laki-laki di atas, semoga bermanfaat. Salam KesPost. [diambil dari beberapa sumber]




Tidak ada komentar: