Jumat, 17 September 2010

"Air Dingin" Boleh Diminum Saat/Setelah Berolah Raga

Sering sekali kita mendengar mitos "jangan minum air dingin saat/setelah berolah raga" yang membuat kita mengurungkan niat untuk melepas dahaga dengan air [dingin] yang tentunya lebih segar .

Sebenarnya air dengan suhu lebih rendah akan lebih cepat diserap oleh tubuh, American College of Sport Medicine juga merekomendasikan mengkonsumsi air atau minuman lain yang dingin saat/setelah berolah raga. Seperti yang dikutip dari Walking.about.com, Rabu (23/6/2010) penelitian telah menunjukkan bahwa air dingin bisa melewati perut lebih cepat, karena itu air akan segera dikirim ke usus dan penyerapannya ditubuh menjadi lebih cepat hebat.

Namun berapa suhu air yang bisa diminum saat/setelah berolah raga? Suhu air yang dimaksud adalah sejuk dan segar memiliki suhu sekitar 15ยบ C hampir sama dengan segelas air yang ditambahi 2-3 batu es. Jadi air dingin yang boleh diminum bukanlah air dingin yang berasal dari freezer nggak boleh.

Kebutuhan cairan sebelum/saat/setelah berolah raga memang penting, jadi sebelum berolah raga ada baiknya kita minum air begitu juga saat berolah raga. Semoga artikel ini bermanfaat, salam KesPost.



Tidak ada komentar: