Rabu, 28 Juli 2010

Aturan 20-20-20


Selamat datang para sahabat KesPost ini adalah artikel pertama yang diarsifkan oleh KesPost, sebuah group kesehatan di facebook yang aktif memberikan pesan kepada para anggota untuk bergabung ke group bisa melalui link ini Kesehatan Post. Sebelumnya artikel yang dibagikan tidak pernah diarsifkan sehingga anggota baru tidak bisa menikmati artikel-artekel yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Apakah anda termasuk orang yang aktif berhadapan dengan layar? Baik layar komputer, laptop, TV atau layar berdimensi lainnya, jika iya kemungkinan mengalami gangguan pengelihatan / iritasi pada mata tentu lebih tinggi karena sering terpapar oleh radiasi sinar dari layar PC/laptop/TV. Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Ternyata ada solusinya dengan menerapkan aturan 20-20-20 aturan apa itu...?

Aturan 20-20-20 adalah sebuah aturan yang diterapkan oleh seorang blogger profesional yang sering berhadapan dengan layar, aturan ini maksudnya setiap 20 menit berhadapan (menatap) komputer kita harus istirahat paling tidak 20 detik dengan melihat obyek atau benda yang jaraknya sekitar 20 kaki( 20 feet = 6 meter ).
Jika Anda bekerja di sebuah kantor yang penat dengan ruang sempit Anda bisa melempar pandangan ke jendela melihat awan jauh, selain aturan 20-20-20 beberapa tips perlu Anda terapkan untuk mengurangi beban kerja mata saat berhadapan dengan komputer:

  1. Gunakan filterscreen pada layar komputer Anda.
  2. Jarak antara mata dengan layar minimal 30 cm.
  3. Atur kecerahan layar (jangan terlalu terang).
  4. Seringlah berkedip agar bola mata tetap lembab.
  5. Basuh wajah anda dengan air agar tetap segar.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengurangi tingkat stres pada mata karena bekerja terlalu lama di depan komputer, salam KesPost.





Tidak ada komentar: