Jumat, 27 Agustus 2010

Dibalik Organ Dalam Manusia

Sering kita dengar pemberitaan di media masa baik cetak maupun elektronik mengenai penjualan organ tubuh manusia [kalau organ hewan sih biasa di pasar ] Beberapa ilmuan mencoba membuat organ portable semisal jantung & paru untuk mengganti jika organ tersebut rusak & menhindari jual beli organ manusia namun usaha [belajar menjadi Tuhan] itu belum mendapatkan hasil yang memuaskan, mari kita lihat bagian kecil dari kebesaran Tuhan atas apa yang telah beliau berikan kepada kita.

1. Pembuluh Darah
Pembuluh Darah







Secara umum pembuluh darah tersusun atas tiga lapisan. Lapisan terluar tersusun atas jaringan elastis yang memungkinkan pembuluh darah berkontraksi. Lapisan tengah terdiri atas otot polos dan mengandung banyak serabut elastis. Bagian terdalam adalah lapisan endothelium yang merupakan satu lapis epitel pipih yang membatasi rongga pembuluh.

Jumlah pembuluh kapiler pada manusia sangat banyak, secara telah dihitung panjang total kapiler manusia adalah 90.000 Km
, suatu jumlah yang sangat besar untuk pertukaran bahan-bahan antara darah dengan jaringan. Darah mengalir ke organ –organ tubuh secara terus meberus sesuai dengan kebutuhan tubuh.

2. Jantung
Jantung






Jantung (bahasa Latin, cor) adalah sebuah rongga, rongga, organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ yang berperan dalam sistem peredaran darah.

Pada orang dewasa “normal” jantung berdetak rata-rata 70x/mnit gan dan sekali pompa menyemburkan kurang lebih 70cc darah sehingga dalam semenit menyemburkan 4.900cc darah artinya dalam sehari sipekerja keras ini menyemburkan darah lebih dari 705 liter darah tanpa henti seumur hidup, belum lagi jika kita berolah raga yg bisa meningkatkan frekwensi detak jantung.

3. Otak/Saraf
Saraf/Otak







Saraf adalah serat-serat yang menghubungkan organ-organ tubuh dengan sistem saraf pusat (yakni otak dan sumsum tulang belakang) dan antar bagian sistem saraf dengan lainnya. Saraf membawa impuls dari dan ke otak atau pusat saraf. Neuron kadang disebut sebagai sel-sel saraf, meski istilah ini sebenarnya kurang tepat karena banyak sekali neuron yang tidak membentuk saraf.

Tahu kenapa kita memiliki refleks cepat saat berkedip bila sesuatu mendekati mata begitu juga refleks lainnya? Ternyata itu karena kerja saraf yg mampu memberi respon dengan kecepatan 120 meter/detik, belum ada rekor kecepatan yg dibuat manusia untuk menandingi kecepatan saraf kita. Kecuali kecepatan cahaya 299.792.458 meter per detik
.

4. Hati

Hati merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Berdasarkan fungsinya, hati juga termasuk sebagai alat ekskresi. Hal ini dikarenakan hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi.

Hati merupakan pabrik kimia terbesar dalam tubuh (bahkan juga di dunia
). dengan berat kurang lebih 1,5 Kg organ ini menghasilkan ratusan zat kimia setiap harinya mulai dari garam empedu hingga zat anti toksin.

5. Paru-paru

Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Prosesnya disebut "pernapasan eksternal" atau bernapas. Paru-paru juga mempunyai fungsi nonrespirasi. Istilah kedokteran yang berhubungan dengan paru-paru sering mulai di pulmo-, dari kata Latin pulmones untuk paru-paru.

Ini salah satu organ vital pernafasan yang membutuhkan 6 liter oksigen/menit, memiliki 300 juta alveoli. Yang menakjubkan adalah luasnya, jika dibuka luasnya bisa mencapai 70 meter persegi atau seluas lapangan tennis.

6. Ginjal

Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Cabang dari kedokteran yang mempelajari ginjal dan penyakitnya disebut nefrologi.

Ginjal dialiri 20-25% darah yang dipompa oleh jantung & yang menakjubkan adalah dia memiliki 1 juta gloumerulus disetiap ginjal artinya ada 2 juta gloumerulus & cairan yang disaring oleh glomeruli ginjal kurang lebih 190 liter dalam sehari, dari jumlah cairan yang sangat besar ini 99% akan diserap kembali oleh sel-sel tubuli, sehingga sisanya sekitar 1-2 liter dikeluarkan dalam bentuk air kemih.

7. Uterus/Rahim

Rahim atau uterus adalah organ reproduksi betina yang utama pada kebanyakan mamalia, termasuk manusia. Salah satu ujungnya adalah serviks, membuka ke dalam v*g*na, dan ujung satunya yang lebih luas, yang dianggap badan rahim, disambung di kedua pihak dengan tabung Fallopian. Rahim terdapat dalam berbagai bentuk dan ukuran di organisme yang berbeda. Pada manusia adalah berbentuk buah pir. Beberapa organisme seperti kelinci, kambing dan kuda mempunyai rahim bipartite atau "bertanduk".

Yg special dari uterus ini adalah ukuran awalnya Cuma sebesar ibu jari tangan (30 gr) tapi saat hamil bisa mencapai 330x lebih besar dari ukuran awal dengan berat 1 Kg
. bayangkan saja ukurannya bila ada wanita hamil dengan 5 anak di dalamnya.

Itulah sebagian kecil dari anugrah Tuhan dan patut kita jaga, semoga artikel ini bermanfaat. Salam KesPost.




Tidak ada komentar: